Kecial Kuning Lombok Petarung Sejati

Burung Asal Lombok
Burung Kecial Kuning
Kecial Kuning adalah burung yang sebagian besar dapat anda temukan di pulau Lombok, jenis burung ini adalah burung petarung, yang siap setiap saat mengeluarkan suara lantangnya yang merdu dan berkarakter. Banyak yang menggemari jenis burung ini, bukan saja karena suaranya, bentuh tubuhnya yang kecil, melainkan juga sangat mudah untuk perawatannya.

Mendapati peminatnya yang banyak, menjadikan burung tarung ini memiliki bandrol harga yang cukup baik di arena lomba pada khususnya, jika kecial kuning ini mencapai bobot nilai yang tinggi dan stabil, maka tidak dapat dipungkiri lagi harganya dapat mencapai puluhan juta.

Berbeda lagi, jika burung laga ini berani mengeluarkan kicauan lantangnya denga hanya digantang sendirian, harganya mencapai ratusan ruibu rupiah.

Burung yang hidup di alam liar dengan cara berkelompok ini naik daun hingga ke ranah pulau jawa. Jika dijawa terdapat burung sejenis itu disebut dengan istilah Pleci (Sama-sama burung petarung).

Di lombok hampir setiap hari terdapat lomba Kecial kuning diberbagai tempat dengan uang pendaftaran yang cukup murah yakni Rp. 10.000,- dengan hadiah 1 Ekor Ayam. Ramainya para pemilik kecial kuning di arena laga dengan sorak-sorakan menjadikan burung kecial ini harus siap mental untuk saling berkicau.

Comments

Post a Comment